What Is Love?

Cerpen Cinta

Hanya Impian Belaka

satu tahun waktu aku bersama dia. dan dalam setahun itu aku bangun istana cinta bersamanya.
didalam istana itu aku beri selalu sebuket bunga setiap pagi dan sore agar wangi bunga itu semerbak disetiap sudut ruangan istanaku.
dan diistana itu telah aku bangun segudang harapan dan mimpi untuk hidup bersamanya.
angan2 kebahagiaan, keharmonisan dalam berumah tangga kelak.

tapi istana itu telah hancur berkeping-keping karena ketidakjujuran dia.
semula istana itu selalu disiangi oleh sinar mentari, ditiup oleh udara pagi yang bebas masuk sesukanya.

suara tawa-tawa digantikan oleh suara tangis tersedu-sedu seorang gadis disudut kamarnya yang dilihat oleh seorang lelaki duduk diatas kasur sambil menghisap sebatang rokok dimulutnya.


Dan lelaki itu seolah tak memperdulikan isak tangis gadis itu.
dengan deras air matanya, dia beranikan diri untuk bilang pada lelaki itu:

” mas jamil, kau harus nikahi aku secepatnya……!”
” maksud kamu apa, kau ingin menikah denganku sementara anak yang kau kandung itu belum tentu anakku…”
” mas kau ragukan aku, mana mungkin ini bukan anakmu…dengarnya aku tidak melakukannya selain dengan mas jamil..”
” ingat ya sebelum kau denganku pun kau sudah banyak pacarnya kok, jadi mungkin kau pernah melakukannya dengan mereka…!
” mau tidak mau kau harus menggugurkannya,…mengerti!!!!

” tapi mas, aku tidak tahu harus bilang apa pada ibuku dan ayahku,pasti aku akan diusir dari rumahku,…!
” aku tidak mau tahu, kalo sampe’ kau sebut2 namaku kau akan menerima akibatnya ! sudah aku mau pulang!

” mas tunggu, mas tolong nikahi aku…hu..hu..hu

semakin deras air matanya semakin jauh langkah pergi lelaki itu.

Aku takut memberi tahu ibu dan ayahku karena ini akan jadi aib keluargaku.

” Ani, ini aku rika, apa kau punya waktu untuk kerumahku sekarang?”
” ada apa mendadak sekali, kamu menangis Rik,
tapi aku masih sibuk dikantor, begini aja sepulang dari kantor aku akan kerumahmu
langsung gak pake’belok”

” terserah kamu saja, pokoknya aku mau kamu datang…?
” ok tunggu aku ya,,,

karena dia terlalu memikirkan nasib sijabang bayi ini adalah anak haram, terlintas dibenaknya untuk menggugurkannya, karena kalo tidak ini akan membuat keluarga yang dikenal terpandang di Sumbawa derajatnya paasti akan jatuh diinjak2 oleh orang banyak.

mengingat kelaurganya adalah panutan seluruh warga Sumbawa, dia pun nekat ingin bunuh diri saja.

sewaktu dia nyaris mengiris nadi tangan kanannya dengan kilat Ani menyambar pisau kecil ditangan Rika, dan langsung menamparnya sampai Rika telulai jatuh dilantai.

” rika apa yang kau lakukan ini sudah benar ha!..
ada apa sebenarnya, kalo kau punya masalah jangan dipikir sendiri dan jangan dianggap sebagai beban dong…! sekarang ceritakan padaku ayo sini…. sini duduk disini.”

ani adalah teman dari kecil. dan dia selalu setia menemani Rika dikala senang dan sedih sampe’2 saking lengketnya mereka dijuluki sebagai gadis kembar.

” An, aku merasa aku tidak pantas untuk hidup lagi, aku ingin mati saja…?
” apa yang kau katakan aku gak ngerti, Rik..?
sambil kebingungan, Ani menyibak rambut Rika yang sudah basah karena air dikamar mandi.
” An, aku hamil (sambil memukul perutnya karena merasa bodoh dibohongi oleh lelaki yang selama 7 tahun bersama dirinya)
” apa!! aku harap kau bohong Rik,

” kapan aku pernah bohong padamu, Ani.
ini benar aku hamil dan sekarang usianya sudah memasuki minggu ketiga.

” bagaimana mungkin ini bisa terjadi, apa kau yakin dengan yang kau katakan itu.
rika ini bukan kejutan tahun baru khan..?
” apa yang membuatmu berpikir kalo ini sebuah kejutan tahun baru sementara aku terlihat sangat putus asa.

” maaf Rik, kamu biasanya kan suka bercanda. tapi dengan siapa kamu hamil Rika…?

” mas jamil…!

” apa…! kamu minta pertanggungjawaban dia dong..?
” sudah…An, tapi dia malah menuduhku hamil dengan orang lain dan dia menyuruhku untuk menggugurkannya kalo misalnya ini adalah anaknya.

” kok..kok dia bisa bilang begitu, enggak Rik, dia harus tanggung jawab dan menikahimu, masa dia cuman ngambil dari toko dan tidak mau membayar sich!

” An, aku bukan barang dari toko tauk! ( sambil memukul kepalanya Ani karena kesal )
” aduh Rik itu cumankata kiasan aja, koko pake’ tersinggung sih!


” tapi rik, dia harus tetap nikahin kamu gak bisa gitu aja dong!, masak habis manis sepah dibuang kan gak adil… ya kan?mestinya sama – sama dirasain itu baru adil…!
” Ani aku tahu kamu memang kuliah sastra tapi liat-liat dulu dong kondisinya sekarang jangan sembarangan nyeplos aja…!
” mana dia sekarang, aku harus ketemu dengannya..!mana dia mana diaaaaa…
kalo aku ketemu dia aku akan tutuki tuh kepala dan aku remukin badannya ampe’ ancur gak rupa tulang lagi. kamu tahukan Rik, tiada gading yang tak retak.

” iya kalo kamu pukul sama palu, dasar nenek peyot!
” udah ah mendingan aku selesaikansendiri aja,kamu gak ada untungnya disini.
malah bikin lelucon yang gak jelas.

” tapi Rik, apa ortu kamu tahu kalo U itu hamil!
” Ani, kalo aku kasih tahu aku bakal diusir dari sini gak pake’ lama.”
mungkin ini cuma akan jadi aib buat keluargaku.

” kamu benar sih tapi apa kamu harus tetap mengandungnya sementara aku kan masih kuliah dan apa lagi kamu masih minta uang jajan dari ortu kan,
mau kamu kasih makan apa anakmu ini…, kamu mikir dong,Rik!

” aku tahu, tapi aku tidak mau membuangnya karena ini darahdagingku sendiri”.

” Rika…rika…rika sayang, ini Mama…
buka pintunya dong sayang, mama bawa oleh2 nih, khusus buat kamu dari paris.
sayang buka pintunya dong!

” aduh gimana ini,An. Mama pasti beli baju buat aku lagi, dan pasti baju itu tidak muat dengan tubuhku yang sedikit demi sedikit melar..!
” asyik dong, jadi kamu gak repot beli sendiri khan,..
” An kau serius gimana ini….!
” aku juga gak tahu lagi, mungkin jalan satu-satunya ialah kamu beritahu mamamu ttg masalah ini sebelum semua nya terlambat.

” Rika kamu dengan siapa didalam sayang, ayo dong buka pintunya apa kamu tega ngebiarin mama kamu berdiri seharian disini…!

“Rik, hapus air mata kamu dan cuci mukamu sana karena mata kamu terlihat bengkak dan sembab.
” Eh, tante baru pulang ya dari belanja!
” kamu Ani, mana Rika..!
” Rika lagi dikamar mandi kok tante…
” oh ya ngomong2 apa yang kalian bicarakan tadi, boleh dong tante tahu sekali2 ikut pembicaraan anak muda, biar tetep muda gituh!

” oh..oh itu, gak penting kok tante.
” ya, cuman gosip artis aja kok!
” sambil nunggu Rika selesai dari kamar mandi ceritain dong! tantekan udah lama gak lihat tv, apa lagi infotaiment!

” (aduh gimana sih ini tante, ngebet banget pengen tahu apa gosipnya, padahal kita baru aja ngomongin musibah anaknya, dankalo dia tahu nih tante pasti bakal kena serangan jantung ato stroke! nih juga mana sih Rika kenapa gak keluar2 dari kamar mandi apa jangan2 dia bunuh diri lagi..! batinnya dia sambil mengumbar senyum pada mamanya Rika)

tunggu kelanjutannya dihanya impian belaka dua..!!

3 Komentar

  1. nurul karunia said,

    don, bgs bgt lho critanya??????????????????????????????????????????? kpn main ketmpt ku?????????????????????????????????????????

  2. Septia Ayu Agustin said,

    don, bagus bagus banget lho ceritanya!!!!!

    bnr.

  3. nurul said,

    dony msh ingetkan ma aq???????????????????????????????
    ko km dah g pernah tlpn or sms lg sie???????????????????????
    no hpU yg 3 ko g pernah aktif sie?????????
    nie no hpQ yg bru 081391309349. aq tunggu tlpnU.key

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: